Profil : Ita Toiatul Fatoni

Ita

Ita Toiatul Fatoni atau yang kerap disapa Ita lahir pada 15 maret 2004, di Desa Babakan Mulya, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Ita merupakan mahasantriwa Sarjana Ulama Perempuan Indonesia (SUPI) angkatan pertama tahun 2022.

Semasa menjadi mahasantriwa SUPI, Ita menjadi vokalis Hadrah Mahasantriwa SUPI dalam kegiatan Maulid Nabi Muhammad Saw di masjid Al-Amin, Majasem. Ita juga terlibat aktif mengikuti perhelatan Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) II di Jepara, dan Forum 17 an Gusdurian di Geraja Bunda Maria Cirebon.

Selain itu, Ita juga pernah mengikuti kegiatan Festival Moderasi Beragama di Jamblang, dan ikut terlibat dalam kegiatan Forum Alumni Mesir di Pendopo Bupati Cirebon.

Riwayat Hidup

Ita merupakan anak ke-2 dari 4 bersaudara dari pasangan Ade Saepudin dan Rini Rahmawati. Bapak Ita merupakan seorang petani. Sedangkan Ibu Ita adalah ibu rumah tangga.

Riwayat Pendidikan

Ita memulai pendidikannya dengan belajar di SDN 2 Babakanmulya, dan dia lulus pada tahun 2016.  Selama belajar di tingkat dasar, Ita mendapatkan juara dalam lomba pidato bahasa Indonesia.

Setelah menyelesaikan pendidikan di tingkat dasar, Ita kemudian melanjutkan pendidikannya dengan mondok di Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Cilaja Kuningan. Di pesantren yang diasuh oleh KH. Rouf Hidayat (alm) dan Umi Dini, Ita juga belajar di SMP 2 Kramatmulya, dan lulus pada tahun 2019.

Selepas menempuh pendidikan tingkat menengah pertama, Ita kemudian melanjutkan pendidikannya dengan belajar di MAN 1 Kuningan. Di sekolah Aliyah ini, Ita lulus pada tahun 2022. Semasa belajar di Aliyah, Ita mendapatkan juara 1 dalam lomba MTQ.