Profil
Institut Studi Islam Fahmina

“Menjadi Kampus Transformatif untuk Keadilan, Kemanusiaan, dan Kedamaian Semesta”
IMG_9961
IMG_9959
IMG_9707

Tentang ISIF

INSTITUT Studi Islam Fahmina (ISIF) adalah perguruan tinggi keagamaan Islam yang didirikan oleh Yayasan Fahmina pada 1 September 20071 atas permintaan masyarakat yang disampaikan pada resepsi ulang tahun Fahmina-institute ketujuh pada tahun 2007 di Cirebon.

Fahmina adalah NGO (organisasi non-pemerintah) yang didirikan pada November 2000 di Cirebon yang bertujuan mewujudkan peradaban manusia yang bermartabat dan berkeadilan berbasis kesadaran kritis tradisi pesantren.

ISIF didirikan untuk menopang cita sosial perjuangan Fahmina, dengan cara: pertama, menghasilkan sarjana Islam yang berintegritas, humanis, adil, dan transformatif, yang disingkat Sarjana Islam BERHATI. Yakni, sarjana Islam yang berperspektif kemanusiaan, keadilan, kesetaraan, kebinekaan, dan kearifan lokal dalam pengetahuan holistik keislaman yang transformatif. Kedua, menghasilkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan keislaman yang menjawab tantangan zaman dan bermanfaat bagi kemajuan dan kemaslahatan kehidupan masyarakat yang bermartabat dan berkeadilan.

Kampus
"Islam Transformatif"

Paradigma keilmuan ISIF adalah “Islam Transformatif”, yakni Islam yang membebaskan dan mengubah kehidupan sosial menuju keadilan, kemaslahatan, dan kemanusiaan, dengan cara mendialogkan terus menerus antara teks-teks klasik keislaman dengan dinamika sosial yang terus berubah, sehingga menghasilkan pemahaman keislaman yang kontekstual dan menjawab tantangan zaman.

Dalam proses pendidikan, ISIF menganut paradigma pendidikan kritis yang membebaskan, melalui metode dialogis, partisipatoris, belajar dari realitas, dan mengaitkan teori dengan praktik dan transformasi sosial. Pendidikan pembebasan adalah kesadaran atas ketidakadilan dan ketertindasan yang menggerakkan transformasi demi terwujudnya keadilan, kemanusiaan, dan kedamaian bagi semuanya.

ISIF bercita-cita “menjadi pendidikan tinggi Islam terdepan berbasis riset dan transformasi sosial, dan menjadi referensi akademik terkait Islam Indonesia yang toleran, adil, setara, dan menghargai tradisi lokal di Indonesia pada tahun 2036.”
IMG_9765
IMG_9764
IMG_9757

Fakultas di Institut Studi Islam Fahmina

Orientasi pendidikan ISIF difokuskan pada penguasaan spesialisasi keahlian dan kecakapan untuk bekerja bersama masyarakat, sehingga dalam jangka panjang sarjana ISIF diharapkan menjadi ulama-intelektual-organik yang peduli terhadap pengembangan ilmu pengetahuan Islam yang berorientasi kepada transformasi sosial untuk perwujudan kesetaraan, keadilan, kemaslahatan, dan tegaknya nilai-nilai kemanusiaan

FAKULTAS TARBIYAH

Visi :

“Menjadi Fakultas Tarbiyah Unggul di Tingkat Nasional Berbasis Riset Pendidikan dan Transformasi Sosial pada tahun 2025”

Misi :

  1. Melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk membangun masyarakat mandiri.
  2. Menghasilkan sarjana yang demokratis, menghargai keragaman, kesetaraan, yang mencintai budaya Indonesia.
  3. Mencetak sarjana yang dapat menjadi guru profesional, pendamping dan pemimpin di masyarakat.
  4. Mengembangkan ilmu pendidikan Islam dan  keterampilan keguruan yang disemangati nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin. 
  5. Menanamkan  sikap ilmiah, kreatif, memiliki komitmen sosial dan kepribadian yang mulia.
 
  1. Menghasilkan guru profesional yang memiliki komitmen sosial.
  2. Menyiapkan sarjana yang berakhlak mulia, memiliki kecakapan dan ketrampilan akademik dan profesional yang kuat dalam ilmu keislaman sebagai bekal bekerja, melanjutkan  pendidikan yang lebih tinggi dan berinteraksi  dalam lingkungan sosial budaya menuju masyarakat yang beradab dan cerdas.
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu-ilmu keislaman serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat yang demokratis, adil, pluralis dan beradab.

Program Studi :

Pendidikan Agama Islam

FAKULTAS SYARI’AH

Visi :

Terwujudnya Fakultas yang unggul, profesional, melestarikan budaya lokal, dan berbasis IT dalam Pengembangan Ilmu Syariah pada Tahun 2030.

Misi :

  1. Mencetak sarjana dalam bidang hukum Islam yang profesioanl dan memiliki daya kompetisi tinggi yang mampu menciptakan peradaban yang damai dan bermartabat.
  2. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat secara inovatif, objektif dan dinamis, dengan mengintegrasikan iman, ilmu dan amal dalam bidang hukum dan ekonomi.
  3. Mampu melakukan transformasi dan pencerahan nilai-nilai Islam bagi masyarakat khususnya dalam bidang hukum dan ekonomi.
  4. Menyelenggarakan tata kelola kelembagaan secara profesional, transparan dan akuntabel dalam rangka mencapai kepuasan civitas akademika dan pemangku kepentingan dalam bidang hukum.
  5. Menjunjung tinggi, mengamalkan, dan memberikan keteladanan dalam kehidupan, atas dasar nilai-nilai Islam serta budaya luhur bangsa Indonesia

Program Studi :

Hukum Keluarga Islam
Ekonomi Syari’ah

FAKULTAS USHULUDDIN

Visi :

Menjadi Fakultas yang terkemuka sebagai inisiator perubahan berbasis Riset dan Transformasi Sosial di Jawa Barat pada Tahun 2025

Misi :

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Ushuluddin selaras dengan perkembangan pemikiran Islam Kontemporer dan Klasik melalui Tafsir Al Qur’an dan Hadits, Filsafat Islam, Studi Kalam dan Tasawuf, Riset dan Studi Sosio-Kultural di Masyarakat.
  2. Mengembangkan Tradisi Keilmuan dalam perspektif Kemanusiaan, kesetaraan serta kadilan melalui kajian tafsir, kajian tasawuf, serta studi sosial keagamaan. 
  3. Meningkatkan kontribusi pemikiran kontemporer serta klasik Ushuluddin melalui berbagai temuan hasil riset bagi masyarakat. 
  4. Meningkatkan Kemampuan Sumber Daya Fakultas Ushuluddin sebagai upaya pemenuhan daya saing yang mumpuni dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa. 
  5. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai Instansi terkait di tingkat Nasional dan Internasional.
  1. Menghasilkan sarjana Islam yang berperspektif kemanusiaan, keadilan, kesetaraan, dan keragaman dalam pengetahuan komprehensif studi Islam untuk transformasi sosial yang adil dan maslahat. 
  2. Menghasilkan ilmu pengetahuan keislaman yang menjawab tantangan zaman dan bermanfaat bagi kemajuan dan kemaslahatan kehidupan masyarakat yang adil, setara, demokratis, dan menghargai kebhinekaan dan tradisi lokal.

Program Studi :

Ilmu Alqur’an & Tafsir
Filsafat Agama
Akhlaq Tasawuf

Lembaga Penunjang Akademik

Selain fakultas dan program studi Islam, sejak tahun 2021 ISIF memilki 7 lembaga penunjang akademik dan 10 pusat studi (research center). Lembaga penunjang akademik adalah:

Pusat Studi

Adapun 10 pusat studi adalah:

Keunggulan ISIF Dibandingkan Dengan yang Lain

ISIF didirikan dengan kekhasan tertentu sebagai pendidikan tinggi berbasis keagamaan yang mengaitkan antara teori, praktik, dan transformasi sosial. Sebagai kampus transformatif, ISIF berbeda dengan kampus lainnya dalam hal:

Fokus Pada Penguasaan Spesialisasi Keahlian

Orientasi pendidikan ISIF difokuskan pada penguasaan spesialisasi keahlian dan kecakapan untuk bekerja bersama masyarakat, sehingga dalam jangka panjang sarjana ISIF diharapkan menjadi ulama-intelektual-organik yang peduli terhadap pengembangan ilmu pengetahuan Islam yang berorientasi kepada transformasi sosial

Berbasis Pada Realitas Praktik Kehidupan Sosial

Perkuliahan ISIF berbasis pada realitas praktik kehidupan sosial pada masyarakat pedesaan. Lokalogi (ilmu lokal) menjadi acuan dalam pembelajaran dan pengembangan keilmuan. Bobot pembelajaran di kelas dan di lapangan sekitar 40% dan 60%..
Praktik Islamologi Terapan
Perkuliahan KKN diganti dengan PIT (Praktik Islamologi Terapan), yakni pembelajaran di lapangan selama 2 bulan dengan cara mempraktikkan dan menerapkan ilmu-ilmu keislaman dalam konteks kehidupan nyata masyarakat desa. Metode yang digunakan adalah participatory action research (PAR).
Studi Praksis Sosial
Sebelum PIT, setiap mahasiswa harus mengikuti perkuliahan SPS (Studi Praksis Sosial), yakni selama 40 hari mahasiswa belajar pada lembaga non pemerintah atau komunitas sosial yang berpengalaman dalam kerja-kerja transformasi sosial, baik pada isu perempuan, gender, ekonomi, budaya, maupun dialog antaragama.

Rektorat

Adapun struktur Rektorat ISIF adalah sebagai berikut: