Profil : Sofi Fauziah

wwww

Sofi Fauziah Lahir di Garut , 05 Agustus 1997. Alumni Pondok Pesantren Manarul Huda Singajaya Garut. Saat mondok ia pernah menjadi Roisyah pada tahun (2014) di PP Manarul Huda. Ia menempuh pendidikan sarjana pada Fakultas Syariah, Ekonomi Syariah di Institut Studi Islam Fahmina Cirebon (2021). Selama menempuh pendidikan S1, aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) anggota Lembaga Agro Mahasiswa (LAM). Pada waktu yang bersamaan dia juga aktif terlibat dalam Komunitas pelita perdamaian, Setaman, Cherbon Feminis dan WMC.

Sejak pertama menempuh pendidikan S1, sofi mulai memiliki perhatian pada isu kebudayaan lokal, pluralisme dan multikulturalisme. Karena berasal dari pelosok dan belum tau tentang nilai-nilai toleransi, semenjak itu pula dia baru mengenal istilah tersebut. Belajar soal kebebasan beragama dan berkeyakinan mulai menjadi hal yang biasa, termasuk studi ke beberapa tempat ibadah.

Pada tahun 2017, sofi mengikuti kursus penulisan populer dengan perspektif mubadalah. Hasil dari latihan tersebut, ia membuat tulisan dengan tema “Jodoh Itu Cerminan Diri, Apa Benar Begitu?” yang dimuat di website Mubadalah.id.

Setelah lulus S1, sofi tidak lansung melanjutkan kuliah karena ingin fokus pengembangan diri pada bidang yang diminantinya. Namun selang beberapa waktu dan mendapatkan kesempatan dia memutuskan untuk melanjutkan. Sekarang sedang mengenyam pendidikan S2 di Fakultas Syariah, Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon (Sejak tahun 2023).

Kontak: Sofifauzi28@gmail.com