Islam Hadir untuk Memuliakan, Menghormati dan Menghargai Perempuan

Memuliakan

SUPI.id – Jika merujuk dalam beberapa catatan hadis, Nabi Muhammad Saw memerintahkan kepada seluruh umat Islam untuk memuliakan, menghormati dan menghargai perempuan.

Perintah untuk memuliakan, menghormati dan menghargai perempuan itu seperti dalam salah satu hadis Shahih Bukhari. Isi hadis tersebut sebagai berikut:

عن ابن عباس رضى الله عنهما قال: قال عمر بن الخطاب رضي الله عنه: كنا في الجا هلية لا نعد النساء شيئا فلما جاء الاسلام وذكرهن الله رأينا لهن بذلك علينا حقا

Dari Ibn Abbas ra, berkata: Umar bin Khattab ra berkata: “Dulu kami, pada masa Jahiliyah, tidak memperhitungkan perempuan sama sekali. Kemudian ketika Islam turun dan Allah mengakui mereka, kami memandang bahwa merekapun memiliki hak atas kami. (Shahih Bukhari).

Namun sayangnya teladan Nabi Muhammad Saw tersebut hingga saat ini masih belum banyak sebagian umat Islam lakukan, karena hingga saat ini masih banyak para perempuan tidak dimuliakan, dihormati dan dihargai. Para perempuan kerap kali justru dilecehkan, direndahkan, aksesnya dibatasi dan tidak jarang juga diperlakukan tidak manusiawi.

Makhluk Kelas Dua

Di sisi lain, dalam realitas kehidupan saat ini, kita masih menemukan banyak perempuan yang dianggap sebagai makhluk kelas dua, sehingga dalam banyak hal, kerap kali para perempuan mengalami terpinggirkan.

Misalnya, adalah tentang pendidikan. Hingga saat ini, masih banyak sebagian masyarakat kita menganggap bahwa para perempuan tidak penting untuk sekolah tinggi-tinggi, pasalnya nanti para perempuan akan kembali ke dunianya, seperti memasak, mencuci, dan mengerjakan pekerjaan-pekerjaan domestik.

Menurut saya, hal ini jelas-jelas bertentangan dengan ajaran Islam, yang sejak awal lahir untuk memerdekakan dan memanusiakan perempuan. Namun kini, para perempuan kembali jauh mengalami keterbelakangan. Perempuan kembali ke sumur, dapur dan kasur.

Oleh sebab itu, jika kita mengingat perintah Nabi Muhammad Saw di atas, Beliau justru meminta umat Islam untuk memuliakan perempuan. Permintaan memuliakan perempuan ini misalnya dengan menempatkan perempuan sebagai manusia yang utuh dan setara sebagaimana laki-laki.

Sehingga sudah selayaknya kita juga memberikan akses pendidikan yang sama kepada perempuan. Sebagaimana laki-laki, perempuan juga berhak untuk mendapatkan akses pendidikan yang tinggi. Serta berhak untuk mendapatkan berbagai kebaikan lainnya.

Laki-laki dan Perempuan adalah Khalifah fil Ardh

Terlebih, melalui firman-Nya, Allah Swt telah menempatkan laki-laki dan perempuan sebagai khalifah fil ardh. Sehingga dengan derajat yang setara tersebut, laki-laki dan perempuan, sama-sama Islam dorong untuk saling bekerja sama dalam merawat, melestarikan dan menjaga bumi ini. Hal ini seperti tergambar dalam beberapa ayat al-Qur’an di antaranya:

وَمَنْ يَّعْمَلْ مِنَ الصّٰلِحٰتِ مِنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَاُولٰۤىِٕكَ يَدْخُلُوْنَ الْجَنَّةَ وَلَا يُظْلَمُوْنَ نَقِيْرًا

Artinya: “Dan barangsiapa mengerjakan amal kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan sedang dia beriman, maka mereka itu akan masuk ke dalam surga dan mereka tidak dizalimi sedikit pun.” (QS. an-Nisa ayat 124).

Dalam ayat yang lain Allah Swt berfirman:

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهٗ حَيٰوةً طَيِّبَةًۚ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Artinya: “Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman. Maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. an-Nahl ayat 97).

Dari dua ayat di atas dapat kita lihat betapa Allah memuliakan laki-laki dan perempuan, bahkan beliau menjanjikan pahala bagi siapapun yang melakukan kebaikan.

Dengan begitu, menurut saya, hal ini sangat jelas bahwa Islam sama sekali tidak pernah memandang perempuan sebagai manusia yang rendah. Melainkan Islam merupakan agama yang sangat memuliakan, menghormati dan menghargai perempuan. []