Menelaah Ulang Hadis tentang Usia Pernikahan Nabi Saw dengan Aisyah Ra dalam Buku Fiqh Perempuan

Untitled-design-15-750x375

Judul buku : Fiqih Perempuan
Penulis : KH. Husein Muhammad
Penerbit : IRCiSoD
Cetakan lV : Desember 2021

SUPI.id – Sampai sekarang, praktik pernikahan anak masih terjadi di berbagai daerah Indonesia, terutama di masyarakat pedesaan, termasuk di kampung saya sendiri di Garut.

Hal ini, karena dalam masyarakat pedesaan, khususnya di kampung saya, praktik pernikahan anak merupakan sesuatu yang lumrah dan hal tersebut dianggap sebagai bagian dari sunah Nabi.

Sebagian masyarakat kerap kali mengunakan dalil dari Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Imam Muslim, Abu Dawud dan Nasa’i dalam pembenaran tentang kebolehan pernikahan anak.

تَزَوَّجَنِي النَّبِيُّ وَأَنَا ابْنَةُ سِتٍ وَبَنَى بي وَأَنَا ابْنَةُ تسع

Artinya: “Nabi mengawiniku pada saat usiaku enam tahun dan hidup bersamaku pada usiaku sembilan tahun.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan Nasa’i).

Hadis ini lah yang kerap kali dijadikan dalil kebolehan pernikahan anak bagi sebagian masyarakat kita. Akibatnya, sebagian masyarakat di lingkungan saya untuk lebih memilih menikah di usia dini. Karena mereka beranggapan bahwa Nabi saja menikahi Aisyah Ra di usia anak, masa kita sebagai umatnya tidak.

Namun sayangnya, dalam Hadis tersebut, sebagian masyarakat kita tidak mau menelaah atau mempelajari lebih jauh bahwa tentang asal usul dan kebenaran Hadis ini.

Untuk menelaah Hadis ini, saya tertarik untuk membagikan pandangan KH. Husein Muhammad. Menurut pria yang kerap disapa Buya Husein kehadiran Hadis tersebut menuai banyak kritikan dari beberapa kalangan ulama ahli Hadis.

Pandangan Ahli Hadis

Salah satunya ulama ahli Hadis yang mengkritik Hadis tersebut menurut Buya Husein seperti dalam buku Fiqh Perempuan adalah Habiburrahman Siddiqi al-Kandahlawi.

Habiburrahman berpendapat bahwa usia Aisyah Ra saat menikah dengan Nabi Muhammad Saw itu bukan 9 tahun. Melainkan tidak kurang dari delapan belas tahun. Ketentuan ini berdasarkan sejarah hidup Aisyah Ra.

Jika kita melacak sumber sejarah Aisyah Ra, maka kita menemukan Imam Nawawi dalam kitab Tahdzib al-Asma wa al-Lughah menyatakan bahwa Asma binti Abu Bakar (saudara kandung Aisyah Ra) masuk Islam lebih dahulu setelah 17 orang. Ia lebih tua 10 tahun dari Siti Aisyah Ra.

Menurut Ibnu Hajar Al-Asqalani, Asma hidup hingga usia 100 tahun dan meninggal tahun 73 H. Ini berarti bahwa apabila Asma meninggal dalam usia 100 tahun dan meninggal pada tahun ke 73. Maka Asma berumur 27 tahun pada waktu hijrah. Sehingga Aisyah Ra berusia 17 tahun pada waktu hijrah.

Jika Nabi Saw menikahi Aisyah satu atau dua tahun setelah berada di Madinah, maka usia Aisyah saat menikah ialah 18 atau 19 tahun.

Selanjutnya, mengenai tentang pernikahan Aisyah Ra dengan Nabi Muhammad Saw. Ibnu Syubrumah berpendapat bahwa hal itu merupakan pengecualian atau suatu kekhususan bagi Nabi Saw yang tidak bisa diberlakukan bagi umatnya.

Oleh sebab itu, pandangan bagi Ibnu Syubrumah bisa menjadi dalil penting tentang kekhususan yang hanya Nabi Muhammad Saw miliki. Sehingga kita sebagai umatnya tidak boleh mengikuti kekhususan ini.

Dampak Pernikahan Anak

Apabila kita tetap memaksakan pernikahan anak karena ingin mengikuti Hadis Nabi Saw. Maka yang terjadi adalah para anak akan mengalami permasalahan yang sangat kompleks.

Di antara permasalahan kompleks yang akan anak rasakan adalah ia akan mengalami masalah kesehatan reproduksi, masalah ekonomi, pendidikan, dan tidak sedikit akan berujung pada perceraian.

Alimah Fauzan dalam tulisan di mubadalah.id yang berjudul Cara Menghentikan Pernikahan Anak, menyebutkan bahwa ada sekitar 80% perkawinan anak berakhir pada perceraian.

Oleh sebab itu, pernikahan anak adalah pernikahan yang sama sekali tidak akan mendatangkan kemaslahatan. Yang ada justru mendatangkan beragam kemadharatan. Apalagi kemadharatan ini akan sangat berdampak kepada anak perempuan.

Maka dari itu, niat hati ingin mengikuti sunah Nabi, yang terjadi adalah anak-anak kita berada dalam lingkaran yang berbahaya. Oleh karena itu, mari kita lindungi anak-anak kita dari bahaya pernikahan anak. Jangan sampai anak-anak kita menjadi korban selanjutnya. []