Buku Fiqh Perempuan: Kekerasan Terhadap Perempuan itu Tidak Islami

Untitled-design-12-750x375

Judul buku : Fiqih Perempuan
Penulis : KH. Husein Muhammad
Penerbit : IRCiSoD
Cetakan lV : Desember 2021

SUPI.id – Pertama kali membaca buku Fiqh Perempuan karya KH. Husein Muhammad saya langsung tertarik dengan daftar isi tema tentang mengapa perempuan.

Setelah saya buka, di bagian ini ternyata beliau membongkar bagaimana sebetulnya kekerasan terhadap perempuan itu terjadi, apakah memang dari ajaran Islam atau bukan.

Setelah membaca dengan penuh khidmat, saya berpendapat bahwa sebetulnya Islam sama sekali tidak pernah mengajarkan kekerasan. Justru sebaliknya, kekerasan, penganiayaan, penghinaan, pelecehan dan jenisnya sama sekali tidak dibenarkan oleh Islam. Baik dilakukan oleh laki-laki pada perempuan, atau pun sebaliknya.

Di sisi lain, segala jenis kekerasan yang di atas merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia. Bahkan Allah dalam firmannya telah menyatakan dengan tegas bahwa menghina sesama manusia itu merupakan sesuatu yang bertentangan dengan ajaran Islam. Hal ini Allah sampaikan dalam QS. al-Hujurat ayat 11 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِّنْ قَوْمٍ عَسٰٓى اَنْ يَّكُوْنُوْا خَيْرًا مِّنْهُمْ وَلَا نِسَاۤءٌ مِّنْ نِّسَاۤءٍ عَسٰٓى اَنْ يَّكُنَّ خَيْرًا مِّنْهُنَّۚ وَلَا تَلْمِزُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوْا بِالْاَلْقَابِۗ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوْقُ بَعْدَ الْاِيْمَانِۚ وَمَنْ لَّمْ يَتُبْ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

Artinya: “Hai orang-orang beriman, janganlah suatu kaum menghina kaum yang lain, karena boleh jadi mereka yang dihina justeru lebih baik dari mereka yang menghina. Dan janganlah kaum perempuan menghina kaum perempuan yang lain, karena boleh jadi kaum perempuan yang dihina justeru lebbib baik dari kaum perempuan yang menghina.” (QS. al-Hujurat: 11).

Jika dimaknai secara Mubadalah, ayat ini sebenarnya merupakan perintah Allah pada laki-laki dan perempuan untuk tidak saling menghina satu sama lain. Selain itu, teks di atas bisa juga kita maknai sebagai pengingat bahwa menghina saja sudah dilarang oleh Allah, apalagi sampai melakukan kekerasan, menyakiti, memukul dan yang lainnya.

Bukan Ajaran Islam

Dengan begitu kekerasan terhadap perempuan itu sama sekali tidak islami. Sekalipun pelakunya menggunakan legitimasi agama. Sebab sudah jelas KH. Husein Muhammad menyampaikan, bahwa Islam sama sekali tidak membenarkan umatnya melakukan kekerasan kepada siapa pun dan dengan alasan apapun.

Mengapa Kekerasan Tetap Terjadi?

Setelah menyelami bagian pembuka tersebut, saya jadi berpikir lalu mengapa kekerasan terhadap perempuan sampai saat ini masih terus terjadi?

Bahkan Komnas Perempuan dalam Catatan Tahun 2022 menyebutkan bahwa ada sekitar 299.911 kasus kekerasan yang terjadi perempuan. Baik kekerasan berbasis gender online, kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan seksual, perkosaan dan yang lainnya.

Saya yakin data di atas hanya sebagian kecil saja, sebab ada banyak perempuan korban kekerasan yang justru takut untuk melapor sehingga kasusnya tidak tercatat dan tertangani. Di sisi lain, stigma dan sikap menyudutkan korban juga seringkali menjadi penghambat korban untuk mau speak up.

Dalam merespon realitas seperti ini KH. Husein Muhammad dalam buku Fiqh Perempuan mengajak kita untuk berefleksi tentang mengapa semua itu masih menjadi PR besar bagi kita semua.

Dalam pemaparannya KH. Husein Muhammad menyebutkan bahwa kekerasan terus muncul dan terjadi pada perempuan karena adanya kekuasaan yang tidak bermoral. Pada kekuasaan jenis ini, kekerasan seringkali dimanifestasikan dan seakan-akan boleh.

Sehingga dalam bentuk kekerasan terhadap perempuan, kita bisa melihat bahwa kekuasaan laki-laki terhadap perempuan yang bukan berdasarkan atas prinsip moral dan hak asasi manusia, akan sangat mungkin menggunakan kekerasan.

Minimnya Pengetahuan Masyarakat

Di sisi lain, di Indonesia, khususnya wilayah-wilayah yang sulit kita jangkau, masih banyak masyarakat yang belum paham soal makna kesetaraan. Hal ini karena budaya yang sudah mengakar kuat dan sulitnya akses pendidikan. Jika pun ada, sistem pendidikan tersebut seringkali masih bias gender.

Sehingga mitos dan pengetahuan tentang kesetaraan sangat sulit mereka pahami dan praktikkan. Alhasil, laki-laki akan terus mereka anggap sebagai manusia yang memiliki kuasa, sedangkan perempuan selamanya akan mereka anggap sebagai manusia lemah dan tidak berdaya.

Oleh karena itu, seperti yang KH. Husein Muhammad sampaikan bahwa kita harus sama-sama bekerja keras dalam melakukan perubahan pada sistem budaya yang bias gender tersebut. Hal ini harus semua pihak lakukan, baik masyarakat umum, pemimpin agama dan pemerintah.

Jangan sampai kita mengaku beragama tapi membiarkan perempuan mendapatkan kekerasan, jangan sampai kita ngaku bernegara. Tapi tidak berbuat apa-apa ketika ada korban kekerasan dan jangan sampai kita mengaku bersaudara sebagai manusia. Tapi kita abai pada hak-hak sesama manusia. []