Novel Gadis Kretek: Potret Perempuan Peracik Saus Kretek yang Handal

Untitled-design-14-750x375

SUPI.id – Akhir-akhir ini media sosial aku tuh penuh sama video trailer film Gadis Kretek yang memang akan tayang di Netflix pada bulan November tahun 2023.

Di dalam trailer yang berdurasi sekitar 2 menit itu saya melihat bahwa film tersebut menceritakan tentang seorang perempuan yang sukses meracik saus kretek, sehingga dia menjadi perempuan yang terkenal dan disegani oleh orang-orang di sekitarnya.

Sebelum ikut nonton Gadis Kretek di November nanti, aku memutuskan buat baca novelnya terlebih dahulu. Sebetulnya biar tau aja sih cerita utuhnya gimana, soalnya udah jadi hal biasa novel kalau sudah jadi film biasanya ada part-part yang di skip. Mungkin karena alasan durasi dan lain-lain.

Kental Budaya Jawa

Selama membaca novel gadis kretek, aku merasa ditarik pada kehidupan yang kental dengan budaya jawa. Dimana memang novel karya Ratih Kumala ini berlatar di kota Muntilan. Novel ini juga tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia saja, tapi juga ada beberapa part yang pembicaraannya menggunakan bahasa jawa. Saya kira ini menarik, supaya ceritanya lebih hidup.

Terlepas dari unsur sejarah dan bahasa jawa, saya juga sangat kagum dengan sosok Jeng Yah. Perempuan yang digambarkan oleh Ratih sebagai perempuan yang sukses meracik saus kretek di masa penjajahan Jepang dan masa PKI berkuasa.

Hal ini sungguh sesuatu yang luar biasa, sebab jangankan untuk terlibat dalam pekerjaan yang dianggap maskulin, perempuan pada masa itu hanya dianggap sebagai hiasan dan penanggung jawab pekerjaan-pekerjaan domestik saja.

Di sisi lain, saya juga kagum soal bagaimana parenting keluarga Jeng Yah, yang ejak kecil tidak memandangnya sebagai manusia lemah dan kelas dua. Justru orang tuanya selalu melibatkan Jeng Yah dalam setiap proses bisnis kretek milik keluarganya.

Bahkan sampai pada mendiskusikan soal rencana bisnis, mulai dari memilih nama, target pembeli, desain bungkus kretek dan lain-lain, semuanya Jeng Yah dilibatkan dan pendapatnya didengar serta dipertimbangkan.

Alhasil dari cara ini, Jeng Yah tumbuh sebagai perempuan yang cerdas, punya pengetahuan yang baik tentang kretek. Bahkan ia berhasil meracik saus yang membuat bisnis keluarganya menjadi nomor satu di kota Magelang.

Pendidikan bagi Perempuan itu Penting

Setelah membaca secara utuh kisah Jeng Yah ini saya jadi berefleksi bahwa pendidikan dan didikan orang tua itu menentukan anak itu cerdas atau tidak. Parenting yang orang tua Jeng Yah lakukan, menjadikan dia anak yang cerdas dan berpengatahuan. Bahkan trik berbisnisnya sangat cerdas dan tidak ada orang lain yang mampu menyainginya, sekalipun laki-laki.

Itu artinya kecerdasan dan kepiawaian itu tidak ditentukan oleh jenis kelamin, tetapi oleh lingkungan yang mendukung dan akses yang luas.

Dengan begitu, anggapan bahwa perempuan itu makluk lemah, otaknya kureng, imannya setengah dari laki-laki adalah mitos. Karena siapapun yang kita beri akses untuk belajar, maka ia tumbuh menjadi manusia yang berpengetahuan.

Hal-hal Baik dari Kisah Novel Gadis Kretek

Selain potret kecerdasan Jeng Yah, parenting Idroes Moeria Roemaisa yang keren, ada beberapa hal yang juga bisa kita pelajari dari cerita dalam novel Gadis Kretek ini, yaitu soal tanggung jawab.

Di bagian pembuka, Ratih Kumala mengajak kita untuk datang ke masa depan. Di mana ketiga anak Romo Soeraja dengan sengaja melakukan perjalanan untuk mencari sosok Jeng Yah. Pasalnya ternyata keluarga mereka telah mencuri racikan saus kretek yang telah Jeng Yah buat.

Alhasil bisnis Gadis Kretek tidak berjaya, justru malah kretek keluarga Romo Soeraja yang terkenal dan sukses hingga kekayaannya tidak akan habis tujuh turunan.

Untuk menebus kesalahan tersebut Romo Soeraja memerintahkan tiga anaknya untuk menyusuri kota dan mencari Jeng Yah. Baru setelah misteri dan rahasia itu terpecahkan, mereka berinisiatif untuk mengembalikan tanggung jawabnya dan menebus kesalahnnya dengan memberikan ganti rugi sebesar Rp. 1.000.000.000 pada Arum sebagai ahli waris Jeng Yah.

Kesan Aku Membaca Novel Gadis Kretek

Sepanjang membaca novel ini aku sungguh larut dalam ceritanya yang cukup berat, karena memang ini termasuk fiksi sejarah. Tapi juga asik karena latar kota dan ceritanya sangat mengalir apa adanya. Sehingga jalan ceritanya cukup mudah kita pahami.

Selain itu, aku juga kagum dengan tokoh-tokoh yang penulis angkat dalam cerita ini. Semuanya mempunyai peran penting dan saling menguatkan satu sama lain. Terutama tokoh-tokoh perempuan, semuanya menggambarkan sebagai perempuan yang berdaya, berpendidikan, dan punya prinsip.

Gambaran tokoh yang sangat unik menurut saya, terutama di masa penjajahan itu gambaran yang selalu kita terima adalah perempuan selalu pasif, tidak berdaya dan tidak punya prinsip.

Terimakasih Kak Ratih Kumala, novelnya sunggub menginspirasi. Semoga dengan tayangnya film Gadis Kretek di Netflix November nanti semakin menguatkan cerita Jeng Yah dalam novel tersebut. []