Buku Umat Bertanya, Ulama Menjawab: Islam Mendukung Perempuan untuk Bekerja

Untitled-design-13-750x375

Judul buku : Umat Bertanya Ulama Menjawab
Penulis : Dr. Faqihuddin Abdul Kodir dkk
Jumlah halaman : 213 halaman
Penerbit : Rahima
Cetakan : Cetakan Pertama, April 2008
ISBN : 978-979-25-4915-7

SUPI.id – Belum lama ini, saya mengikuti kelas menulis yang ada di Pondok Pesantren Luhur Manhajiy Fahmina. Kelas ini bagi saya sangat menarik karena mengajarkan para mahasantriwa untuk menulis.

Pada kelas menulis yang pertama ini, saya diajarkan untuk menulis review buku. Pada awalnya, saya cukup mengalami kesulitan untuk mereview buku. Karena di sini juga saya masih sangat pemula.

Namun, setelah mendapatkan beberapa arahan, akhirnya saya mendapatkan satu buku yang menurut saya cukup menarik untuk direview. Buku tersebut adalah Umat Bertanya, Ulama Menjawab.

Buku yang ditulis oleh Dr. Faqihuddin Abdul Kodir dkk ini menjelaskan semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tentang keresahan-keresahan yang dialami umat manusia di dalam kehidupan sehari-sehari. Baik soal karir, pernikahan, dan keluarga.

Perasaan saya setelah membaca buku Umat Bertanya Ulama Menjawab adalah sangat senang karena pertanyaan-pertanyaan dan unek-unek yang ada dipikiran saya akhirnya bisa terjawab. Maka dari itu, bagi saya buku ini sangat penting untuk kita baca.

Tema Menarik

Akan tetapi dari semua tema yang ada di dalam tulisan tersebut, ada satu tema yang membuat saya tertarik. Tema tersebut adalah tentang “Suami Melarang Saya Bekerja.”

Dalam tema ini, mengisahkan ada seorang ibu yang bertanya tentang suami yang melarangannya untuk bekerja. Adapun pertanyaan lengkapnya sebagai berikut:

“Apakah seorang istri yang dilarang bekerja oleh suaminya dengan dalil agama itu dibenarkan?. Sedangkan penghasilan suami tak menentu, lantas bagaimana jika seorang istri tetap bekerja dan apakah seorang istri melanggar agama?”

Pertanyaan tersebut dijawab oleh Dr. Faqihuddin Abdul Kodir. Beliau menjawab bahwa terkait perintah bekerja, tidak ditemukan satu ayat pun yang melarang siapapun (laki-laki atau perempuan) untuk bekerja, baik di dalam ataupun di luar rumah.

Artinya, perintah untuk bekerja ini tidak berjenis kelamin, karena laki-laki dan perempuan kata Kiai Faqih memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk bekerja.

Bahkan jika ada yang melarang perempuan untuk bekerja, maka hal tersebut, sangat bertentangan dengan ajaran Islam. Karena di dalam Islam sudah banyak praktik kehidupan para perempuan pada zaman Nabi Muhammad Saw yang bekerja dan kaya raya.

Perempuan Pemberi Nafkah

Terlebih, kekayaan yang mereka miliki, merekalah yang memenuhi kebutuhan nafkah keluarga, termasuk kebutuhan suami dan anak-anaknya.

Teladan yang paling kentara adalah Khadijah r.a istri Baginda Nabi Muhammad Saw. Beliau adalah saudagar kaya raya.

Nabi Muhammad Saw pada usia remaja bekerja pada Khadijah r.a. Melihat kejujuran, kebaikan, dan keindahan budi pekerti Nabi Saw Sayidah Khadijah r.a. melamar Nabi Saw yang masih berusia 25 tahun. Sementara Khadijah r.a. sudah berusia 40 tahun.

Pendapatan Khadijah r.a sebagai saudagar dan pemilik perusahaan jauh lebih banyak dibanding Nabi Saw yang pada saat itu sebagai pekerja beliau.

Pada masa-masa awal kenabian Nabi Muhammad, hampir semua kebutuhan nafkah keluarga dan dakwah mendapat dukungan dari harta Khadijah r.a.

Sampai harta tersebut benar-benar habis, karena boikot perekonomian dari pihak orang-orang Quraish kepada usaha Khadijah r.a.

Umm Syuraik R.a

Nama lain yang cukup terkenal publik adalah Umm Syuraik r.a seorang perempuan kaya raya. Harta yang ia miliki tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan nafkah keluarganya.

Beliau juga menjadi rujukan para sahabat Nabi Muhammad Saw. untuk meminta makan, minum, dan penginapan. Fathimah bint Qays r.a pernah bercerita tentang hal ini dalam sebuah Hadis. (Shahih Muslim, no. 1573).

Selain itu, kita juga punya nama Zainab al-Tsaqafiyah r.a istri Abdullah bin Mas’ud r.a yang bekerja dan memiliki pendapatan yang ia gunakan untuk menafkahi keluarganya, suami, dan anak, anaknya.

Hal ini pernah ia ungkapkan langsung ke hadapan Nabi Muhammad Saw Kisah ini di antaranya tercatat dalam Hadis. (Shahih al-Bukhari, no. 1489).

Oleh sebab itu, dengan beberapa teladan para sahabat perempuan seperti di atas membuktikan bahwa Islam tidak melarang perempuan bekerja. Justru Islam hadir untuk memberikan kesempatan dan mendukung para perempuan untuk bekerja dan aktif mengisi ruang-ruang publik. []