Kitab Sittin Al-‘Adliyah: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Sittin al-'Adliyah

SUPI.id – Bulan ramadhan tahun ini saya dan teman-teman Mahasantriwa Sarjana Ulama Perempuan Indonesia (SUPI) ISIF diberi kesempatan untuk ikut belajar mengkaji kitab Sittin al-‘Adliyah karya Kiai Faqihuddin Abdul Kodir.

Kitab ini dibahas secara mendalam oleh Ibu Nurul Bahrul Ulum, selaku pengasuh Pondok Pesantren Luhur Manhaji Fahmina.

Dalam pembukaannya Ibu Nurul menjelaskan bahwa dalam proses penyusunan kitab Sittin al-‘Adliyah ini Kiai Faqih terinsipirasi dari ulama bernama Abdul Halim Abu Syuqqah yang menulis kitab tentang hadis hak-hak perempuan dalam Islam.

Kemudian, dari inspirasi tersebut akhirnya membuat Kiai Faqih berinisiatif untuk memilih 60 hadis shahih tentang hak-hak perempuan, lalu beliau kumpulkan dalam kitab Sittin al-’Adliyah. Salah satu tujuan dari penyusunan kitab ini ialah untuk memberikan penyadaran pada masyarakat bahwa Islam adalah agama yang memuliakan perempuan.

Hal menarik dalam kelas ngaji ramadhan bersama Ibu Nurul kali ini adalah, kita diajak untuk menganalisis setiap teks dalam kitab Sittin al-‘Adliyah lalu merefleksikannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Misalnya dalam bab pertama, ada lima hadis Nabi Muhammad Saw yang bicara soal prinsip dasar kemanusiaan. Yaitu berbuat baik, saling menebar kasih sayang, saling tolong menolong, dan menjaga diri dari keburukan. Serta menjaga diri agar tidak melakukan keburukan pada orang lain.

Salah satu hadis yang cukup menarik dalam pertemuan pertama ngaji Sittin al-‘Adliyah ini adalah hadis tentang larangan melakukan tindak kekerasan dan menyakiti, baik itu menyakiti diri sendiri maupun orang lain. Adapun isi hadis tersebut sebagai berikut:

Dari Yahya al-Mazini ra meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Tidak boleh kalian mencederai diri sendiri maupun mencederai orang lain.”

Isu Mental Health

Menurut saya teks hadis ini sangat relate dengan kehidupan anak-anak zaman sekarang. Di mana isu tentang mental health sangat dekat sekali dengan generasi Z dan milenial.

Salah satu ciri khas dalam gerakan ini adalah kita dilarang membiarkan diri sendiri disakiti oleh orang lain. Atau dalam bahasa yang lain, tidak memaksakan diri terlihat sempurna supaya mendapatkan validasi dari orang di sekitarnya.

Selama ini saya sering melihat banyak teman-teman di lingkungan saya yang rela melakukan hal-hal tidak baik, agar mendapatkan validasi dari orang lain.

Misalnya dalam soal fashion, tidak sedikit dari mereka yang ekonominya berada di bawah rela untuk berhutang, demi membeli barang-barang yang sedang tren di media sosial. Bahkan mereka rela melakukan diet ekstrim, agar mendapatkan pujian dari orang sekitarny. Atau tidak sedikit juga yang mengikuti challenge yang membahayakan, supaya terlihat keren di media sosial.

Padahal jika kita lihat salah satu hadis Nabi yang mengatakan لا ضرر ولا ضرار “tidak boleh ada kerusakan pada diri sendiri dan juga tidak boleh ada kerusakan pada orang lain”. Jelas hal-hal tersebut sangatlah tidak sejalan dengan Islam. Karena ia telah melakukan kezaliman pada hidupnya sendiri.

Islam sendiri mengajarkan kepada umatnya untuk selalu berbuat baik pada diri sendiri. Tentu saja hal ini hanya bisa kita lakukan, ketika kita sudah mengenali, menerima dan mengapresiasi setiap hal baik yang kita miliki. Sebab, ketika kita sudah bisa menghargai diri sendiri, maka Insya Allah kita juga bisa menghargai orang lain.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Dalam proses menerima diri sendiri, perlu bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan mental. Salah satunya dengan menghargai dan menyukai diri sendiri. Terlepas dari kondisi apapun yang kita alami.

Dalam Islam perilaku menerima diri sendiri ini melalui sikap syukur terhadap apa yang kita miliki. Kecil ataupun besar nikmatnya, perilaku syukur mampu menjadi obat bagi diri untuk tetap merasa puas dan bahagia dengan keadaan yang kita alami.

Selain itu, kita juga perlu memberikan cinta dan kasih pada diri, atau mungkin sesekali bisa memberikan hadiah atas hal-hal baik yang telah kita kerjakan. Tapi tentu saja hal ini harus sesuai dengan batas kemampuan, jangan berlebihan dan memaksakan diri. Cukup dengan hal sederhana saja, dan tidak perlu berlebihan. Ingatlah, bahwa Allah Swt tidak suka hal-hal yang berlebihan. []