Profil : Achmad Nanang Firdaus

IMG_9777

Achmad Nanang Firdaus atau yang kerap disapa Nanang lahir pada 14 September 2001, di Kelurahan Jatirahayu, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi. Nanang merupakan mahasantriwa Sarjana Ulama Perempuan Indonesia (SUPI) angkatan pertama tahun 2022.

Selama menjadi mahasantriwa SUPI, Nanang terlibat aktif mengikuti perhelatan Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) II di Jepara. Selain itu, Nanang juga pernah mengikuti kegiatan Festival Moderasi Beragama di Jamblang.

Riwayat Hidup

Nanang merupakan anak terakhir dari 6 bersaudara dari pasangan Ilyas dan Alus Anisah. Bapak Nanang merupakan seorang buruh harian lepas. Sedangkan Ibu Nanang adalah ibu rumah tangga.

Riwayat Pendidikan

Nanang memulai pendidikannya dengan belajar di MI Hudal Islam II Bekasi, dan dia lulus pada tahun 2014. Selama belajar di tingkat dasar, Nanang kerap mendapatkan juara 1 dan harapan 1 dalam lomba menggambar.

Setelah menyelesaikan pendidikan di tingkat dasar, Nanang kemudian melanjutkan pendidikannya dengan mondok di Pesantren Ummul Quro Al Islami. Di pesantren yang diasuh oleh KH. Helmi Abdul Mubin Lc dan Nyai. Hj. Fatmah Noor Salim, Nanang juga belajar di Mts Ummul Quro Al Islami Bogor, dan lulus pada tahun 2017. Semasa di Pesantren Ummul Quro Al Islami, Nanang kerap mendapatkan juara 1 dan 2 kaligrafi, juara 2 cerdas cermat, santri teladan Tahun 2015-2016.

Selepas menempuh pendidikan tingkat menengah pertama, Nanang kemudian melanjutkan pendidikannya dengan belajar Pesantren Mahasina Darul Qur’an wal Hadits. Di pesantren yang diasuh KH. Abu Bakar Rahziz MA dan Nyai. Hj. Badriyah Fayumi Lc. MA itu, Nanang juga belajar di MA Mahasina DaQwaH. Di sekolah Aliyah ini, Nanang lulus pada tahun 2021.

Semasa di Pesantren Mahasina, Nanang telah menyelesaikan hafalan al-Qur’an 15 Juz bil gaib dan sekitar 1.200 hadis. Selain itu, Nanang juga kerap mendapatkan juara 1 dalam lomba Pidato Bahasa Arab, pengurus terbaik tahun 2020-2021.