Profil : Alfiyah Salsabila

IMG_9784

Alfiyah Salsabila atau yang kerap disapa Salsa lahir pada 1 September 2001, di Desa Purwahamba, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal. Salsa merupakan mahasantriwa Sarjana Ulama Perempuan Indonesia (SUPI) angkatan pertama tahun 2022.

Selama menjadi mahasantriwa SUPI, Salsa terlibat aktif mengikuti perhelatan Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) II di Jepara. Selain itu, Salsa juga pernah mengikuti kegiatan Festival Moderasi Beragama di Jamblang.

Riwayat Hidup

Salsa merupakan anak ke 2 dari 2 bersaudara dari pasangan Najmuddin dan Masitoh. Bapak Salsa merupakan seorang wiraswasta. Sedangkan Ibu Salsa adalah Guru MI Honorer.

Riwayat Pendidikan

Salsa memulai pendidikannya dengan belajar di MI Islamiyah Purwahamba, dan dia lulus pada tahun 2013. Setelah menyelesaikan pendidikan di tingkat dasar, Salsa kemudian melanjutkan pendidikannya dengan belajar di MTS Al-Fatah Suradadi, dan lulus pada tahun 2016.

Selepas menempuh pendidikan tingkat menengah pertama, Salsa kemudian melanjutkan pendidikannya dengan belajar Pondok Pesantren Putri Al-Aziziyah Kaliwungu. Di pesantren yang diasuh KH. Irfan Aziz dan Nyai. Hj. Rikhaniyah itu, Salsa juga belajar di MA NU Sunan Katong Kaliwungu. Di sekolah Aliyah ini, Salsa lulus pada tahun 2020.

Semasa di Pesantren Putri Al-Aziziyah Kaliwungu, Salsa kerap mendapatkan juara 2 dalam lomba Cipta Puisi pada tahun 2020, lomba Menulis Cerpen, lomba menulis se-Indonesia, dan Lomba Poster.

Karya-Karya

Selama menjadi mahasantriwa SUPI, Salsa telah menerbitkan karya tulis yang dimuat di media Kompasiana.com.

Berikut karya tulis Salsa yang telah dimuat:

Transgender dalam prespektif masyarakat – Transgender dalam Perspektif Masyarakat – Kompasiana.com