Profil : Dalpa Waliatul Maula

IMG_9769

Dalpa Waliatul Maula atau yang kerap disapa Dalpa, lahir pada 04 Desember 2002 di Kampung Sangiang, Desa Pancasura, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut. Dalpa merupakan mahasantriwa Sarjana Ulama Perempuan Indonesia (SUPI) angkatan pertama tahun 2022.

Semasa menjadi mahasantriwa SUPI, Dalpa pernah mengikuti kegiatan Camping Lintas Iman Sangalikur. Camping ini diinisiai oleh Paroki dari berbagai gereja se-wilayah III Cirebon.

Kemudian Dalpa juga ikut terlibat dalam perhelatan Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) II di Jepara. Lalu Dalpa juga pernah terlibat dalam forum 17an dan kepanitiaan Harlah Gusdurian di Geraja Bunda Maria Cirebon.

Selain itu, Dalpa juga pernah mengikuti kegiatan Festival Moderasi Beragama di Jamblang, dan ikut terlibat dalam kegiatan Forum Alumni Mesir di Pendopo Bupati Cirebon.

Riwayat Hidup

Dalpa merupakan anak ke 5 dari 6 bersaudara dari pasangan Ajeungan Aab Sihabudin dan Lilis Nurusa’adah. Kedua orang tua Dalpa merupakan pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Manarul Huda, Garut.

Riwayat Pendidikan

Pada tahun 2010, Dalpa memulai pendidikannya dengan belajar di SDN PANCASURA 02, dan dia lulus pada tahun 2016. Setelah menyelesaikan pendidikan di tingkat dasar, Dalpa kemudian melanjutkan pendidikannya dengan belajar di MTS AL-MUAWANAH, dan lulus pada tahun 2018.

Selepas menempuh pendidikan tingkat menengah pertama, Dalpa kemudian melanjutkan pendidikannya dengan belajar Pondok Pesantren Al-Ikhlash. Di pesantren yang diasuh KH. Muhammad Tata Taufik dan Nyai. Hj. Iis Mulyati itu, Dalpa juga belajar di Tarbiyatul Mu’alimin al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Al-Ikhlash Kuningan, Jawa Barat. Di sekolah Aliyah ini Dalpa lulus pada tahun 2022.

Semasa di pesantren Al-Ikhlash, Dalpa kerap mendapatkan juara dalam lomba pidato 3 bahasa (kategori bahasa Indonesia). Kemudian Dalpa juga meraih juara 1 Mujawwad (MTQ) dan juara 1 Murattal (MTQ).

Karya-Karya

Selama menjadi mahasantriwa SUPI, Dalpa telah menerbitkan beberapa karya tulis yang dimuat di media ISIF dan Mubadalah.id.

Berikut karya tulis Dalpa yang telah dimuat:

  1. Ini ceritaku belajar toleransi di camping sangalikur https://isif.ac.id/ini-ceritaku-belajar-toleransi-dari-camping-sangalikur/
  2. Menjadi muslimah kafah tidak perlu mirip Arab https://mubadalah.id/menjadi-muslimah-yang-kafah-tidak-perlu-mirip-arab/