Profil : Siti Mir’atul Masfufah

IMG_9796

Siti Mir’atul Masfufah atau yang kerap dipanggil Uuf lahir pada 27 Mei 2002 di Desa Sendangmulyo, Kecamatan Keragan, Kabupaten Rembang. Uuf merupakan mahasantriwa Sarjana Ulama Perempuan Indonesia (SUPI) angkatan pertama tahun 2022.

Semasa menjadi mahasantriwa SUPI, Uuf mendapatkan juara 3 dalam lomba pidato bahasa Arab tingkat LDNU Kabupaten Cirebon. Lalu, Uuf juga mengikuti pelatihan Camping Lintas Iman Sangalikur yang diinisiai oleh paroki dari berbagai gereja se-wilayah III Cirebon.

Kemudian Uuf juga ikut terlibat dalam perhelatan Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) II di Jepara, Forum 17an dan kepanitiaan Harlah Gusdurian di Geraja Bunda Maria Cirebon, dan Kemah Titik Temu di Bogor.

Selain itu, Uuf juga pernah mengikuti kegiatan Festival Moderasi Beragama di Jamblang, dan ikut terlibat dalam kegiatan Forum Alumni Mesir di Pendopo Bupati Cirebon.

Riwayat Hidup

Uuf merupakan anak ke-4 dari 6 bersaudara dari pasangan Warnadji Al shonhadji dan Dumyati. Bapak Uuf merupakan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kecamatan Keragan. Sedangkan Ibu Uuf adalah ibu rumah tangga.

Riwayat Pendidikan

Uuf memulai pendidikannya dengan belajar di SDN SENDANGMULYO, dan dia lulus pada tahun 2014.  Selama belajar di tingkat dasar, Uuf kerap mendapatkan juara dalam lomba TIK (Komputer) selama 2 kali dan Cerdas Cermat (CC).

Setelah menyelesaikan pendidikan di tingkat dasar, Uuf kemudian melanjutkan pendidikannya dengan mondok di Pesantren Al-Mas’udy. Di pesantren yang diasuh oleh KH. Nur Khozin dan Ibu Nyai Hj. Latifah (alm), Uuf juga belajar di MTsN 1 REMBANG, dan lulus pada tahun 2017. Semasa di Pesantren Al-Mas’udy Uuf kerap mendapatkan juara dalam lomba Cerdas Cermat (CC), Murottal Qur’an 1-5 Juz dan pidato bahasa Jawa.

Selepas menempuh pendidikan tingkat menengah pertama, Uuf kemudian melanjutkan pendidikannya dengan belajar Pondok Pesantren Al-Furqon. Di pesantren yang diasuh KH. Sulaiman al-Hafidz dan Ibu Nyai Hj. Mundasah al-Hafidz itu, Uuf juga belajar di MAN 2 REMBANG. Di sekolah Aliyah ini Uuf lulus pada tahun 2022.

Semasa di Pesantren Al-Furqon, Uuf telah menyelesaikan hafalan al-Qur’an 30 Juz bil gaib. Selain itu, Uuf juga kerap mendapatkan juara dalam lomba baca kitab kuning (Fathul qorib), tilawah dan pidato bahasa Arab dan debat kitab antar pesantren.